Pelepasan Peserta Didik Kelas VI Dan Kenaikan Kelas

0

 

Pada akhir tahun pelajaran acara kenaikan kelas dan perpisahan di sekolah merupakan hal yang biasa dilaksanakan dan bisa dikatakan hal yang wajib khususnya bagi anak-anak ditingkat sekolah dasar, itu yang admin rasakan ketika masa SD dulu,,hehee


Acara kenaikan kelas dan perpisahan dapat menjadi kesan tersendiri bagi guru, orangtua wali dan tentunya bagi peserta didik di sekolah tersebut. Biasanya acara tersebut dibuat semeriah mungkin dan menjadi ajang silaturahmi antara pihak sekolah, orangtua/wali dan masyarakat sekitar.

Acara kenaikan kelas dan perpisahan cerminan dari kearifan lokal budaya daerah tersebut yang mana kesenian daerah seperti seni tari dan musik dipentaskan dalam acara kenaikan kelas ini. Acara ini menjadi salahsatu cara menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada Indonesia agar jangan sampai tergerus oleh arus globalisasi.

Agar acara kenaikan kelas ini terlaksana dengan sukses, perlu dibuat perencanaan sematang mungkin salah satunya adalah dengan membuat susunan acara keikan kelas dan perpisahan. Berikut admin uraikan beberapa contoh susunan acara kenaikan kelas yang dapat menjadi bahan referensi bagi yang membutuhkan.


Ali Nurdin, Kepala Sekolah SD Negeri Sindangraja 4 dihadapan siswa - siswi yang hadir, beliau mengatakan bahwa pelepasan yang berlangsung pada hari ini bukanlah akhir dari pertemuan yang sesungguhnya, bukan pula berarti berakhir pula masa pendidikan. Ibarat buku, perpisahan hanyalah akhir dari satu bab untuk memasuki bab selanjutnya dan masih ada bab lainnya yang justru semakin menantang dan penuh makna untuk dibaca dan dipelajari. Artinya perpisahan itu hanya sebagai tanda usainya masa - masa indah di masa sd, akan tetapi menjadi awal untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau langkah awal memasuki dunia sekolah yang lebih penuh perjuangan.

"Selama 6 tahun, anak - anakku tentu telah mengikuti pendidikan dan mendapatkan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Ilmu pengetahuan adalah sumur yang tak pernah kering, semakin ia dikuras, semakin deras sumbernya," kata Bapak Ali.

Bapak Ali menyakini ketika pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya maka akan semakin bertambah dan terasah menjadi pengalaman hidup yang bermakna dimana para lulusan SD Negeri Sindangraja 4 Patas mempunyai kemampuan daya saing khususnya sumber daya manusia. Oleh karena itu, menjadi modal dasar dalam menghadapi tantangan jaman yang semakin berat.


"Jadikan ilmu yang telah didapat selama belajar sebagai penyemangat untuk bersaing disekolah selanjutnya hingga para lulusan SD Negeri Sindangraja 4 ini akan semakin berkualitas, bermoral dan membanggakan," ucapnya.

"Pesan saya, tuntutlah ilmu setinggi - tingginya, raihlah cita - citamu, wujudkan angan dan harapanmu. Usia kalian masih muda, masih banyak kesempatan sehingga jangan disia - siakan. Jadilah kebanggaan orang tua, guru, masyarakat bangsa dan negara," ucapnya.

Dalam Acara ini, banyak hiburan yang ditampilkan, diantaranya: Pembacaan Al-Quran, Baca Puisi, Tari-tarian, Seni Budaya dan banyak lagi kreasi yang ditampilkan, sehingga  tampak para undangan sangat terhibur menghadiri acara pelepasan dan kenaikan Tahun ini.




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)